PENYULUHAN RUMAH PINTAR DI DESA KEMLIGI KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG

Ketua Tim
DR. Ir. Eddy Prianto, CES,DEA
Anggota Tim
DR.Ir. Edi Purwanto, MT, DR. Ir. Titien Woro Murtini, MSA, DR. Ir. Bambang Supriyadi, MSA, DR. Ing Gagoek Hardiman, Prof. Ir. Totoek Roesmanto, M.Eng, Ir. Sri Hartuti W, MT, Ir. Abdul Malik, MSA, Sepata Bagus, ST, MT, Yasmina Nurul Falah, ST, arnis Rochma Harani, ST, MT

Salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi adalah kegiatan pengabdian masyarakat, dimana dosen dituntut untuk memberikan sumbangan pikiran dalam bentuk apapun kepada masyarakat umum sesuai bidang keilmuan yang dimiliki. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip di Desa Wonotunggal Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang merupakan hasil kerjasama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM PPM I Tahun 2012/2013 Undip. Kegiatan Pengabdiam masyarakat ini dilakukan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Wonotunggal Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang tentang Rumah Pintar.
Pengertian rumah pintar sebenarnya tidak lepas dari pengertian rumah sehat yaitu rumah yang dapat memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani secara layak sebagai suatu tempat tinggal atau perlindungan dari pengaruh alam luar. Kebutuhan jasmani misalnya terpenuhi kebutuhan jasmani seperti membaca, menulis, istirahat dan lain-lain.Kebutuhan rohani misalnya, perlindungan terhadap penyakit, cuaca, angin dan sebaginnya.
Berdasarkan dukungan dari kepala desa Wonotunggal  Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, para perangkat desa, dinas terkait serta masyarakat sekitar, program penyuluhan dan sosialisasi rumah sehat sangat dibutuhkan karena pengetahuan dan minat masyarakat dalam bidang kesehatan masih sangat kurang. Untuk itu tim dari dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip memberikan penyuluhan tentang pentingnya rumah sehat dengan tujuan memberikan pengetahuan dan metode penerapan rumah sehat yang sesuai dilingkungan desa.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan dengan cara penyuluhan ini mendapatkan apresiasi positif dari warga Desa Wonotunggal  Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Antusiasme warga untuk bertanya dan mengeluarkan keluh kesah mereka tentang rumah tenagkum dalam acara ini. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini dirasa sangat dibutuhkan kembali di Desa ini untuk kedepannya baik itu pembimbingan menerapan rumah sehat atau dalam thema yang lainnya.

 pi  pi1
 pi2  pi3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight × 3 =