Kemahasiswaan

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (JAFT UNDIP) memiliki sebuah lembaga kemahasiswaan yakni Himpunan Mahasiswa Arsitektur AMOGHASIDA atau disingkat HMA Amoghasida. Asal kata “amoghasida” diambil dari tulisan yang terdapat di Candi Borobudur yang bermakna “Kejayaan Abadi”. HMA Amoghasida ini merupakan organisasi yang  bersifat sosial dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan.

Kepengurusan HMA Amoghasida dipilih melalui Pemilihan Umum Raya Arsitektur (PEMIRA) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip dan masa jabatan kepengurusan adalah 1 (satu) tahun. Anggota HMA Amoghasida adalah seluruh mahasiswa JAFT UNDIP yang sudah dilantik dan berstatus aktif. Himpunan Mahasiswa Arsitektur Amoghasida  terdiri dari bebrapa bidang yang mempunyai program kerja dan diharapkan dapat mewadahi seluruh aktifitas mahasiswa di lingkungan kampus. Bidang-bidang serta program kerjanya secara singkat dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

  • Bidang Pendidikan. Meliputi regenerasi data, asisten mahasiswa, studi banding, study ekskursi, penyusunan katalog dan pengadaan pelatihan.
  • Bidang Organisasi dan Kaderisasi. Meliputi pengiriman delegasi TKI MAI,Pemilu & Raker, penerimaan dan pelantikan mahasiswa baru, penyusunan buku data pengurus HM.
  • Bidang Minat dan Bakat  Meliputi penyelenggaraan acara Nge-Jamm in Architecture, Inagurasi, Dies Natalis, Galery Architecture, Magz, Sayembara TA, Spora dan pengiriman kontingen Olahraga ke Luar.
  • Bidang Kesejahteraan Mahasiswa. Meliputi perawatan ruang HM, pengadaan jaket HM, mengkoordinir pengurusan administrasi, perbaikan mekanisme parkir, Cleaning in Architecture, dan nonton bareng.
  • Bidang Hubungan Masyarakat. Meliputi penyelenggaraan Arsitektur Peduli, Kunjungan ke HM jurusan lain, Pendelegasian Mahasiswa Arsitektur ke Institusi lain, Mading HM, Pengenalan HM ke mahasiswa baru, pengenalan antar angkatan, acara buka puasa bersama.

Selain itu, terdapat pula kegiatan-kegiatan lainya yang bukan merupakan program kerja HMA Amoghasida, namun masih dalam sepengetahuan dan persetujuan serta dilaksanakan juga oleh HMA Amoghasida. Kepanitian segala kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota HMA Amoghasida sehingga dapat menciptakan suatu kerjasama dan rasa kekeluargaan di antara mahasiswa. Kesekretariatan HMA Amoghasida terletak di Gedung C lantai Dasar Kampus JAFT UNDIP.

Secara Garis besar, HMA Amoghasida mempunyai tugas untuk membangun dan mengembangkan segala potensi yang ada di lingkungan kampus JAFT UNDIP Agar tercipta stabilitas kampus yang dinamis. Sehingga akhir dari segala tujuan HMA amoghasida adalah menjadikan JAFT UNDIP menjadi jurusan terkemuka di Lingkungan perguruan tinggi nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − four =